" ليس الجمال بأثواب تزيننا ولكن الجمال بجمال العلم والأدب "

Silahkan cari:
Subscribe:

Ads 468x60px

Ingin Sekeranjang Air Bukan Seember

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Rabu, 27 Februari 2013 Pukul 07.50.00



Ingin Sekeranjang Air Bukan Seember

Seorang cucu bertanya pada kakeknya : “ Kakek, aku coba membaca Al-Qur’an sepertimu tapi aku tak bisa memahaminya, dan walaupun ada sedikit yang aku pahami segera aku lupa begitu aku selesai membaca dan menutupnya. Jadi apa gunanya membaca Al-quran jika tak memahami artinya ?

Sang kakek dengan tenang sambil meletakkan batu-batu di perapian, menjawab pertanyaan sang cucu : “Cobalah ambil sebuah keranjang batu ini dan bawa ke sungai, dan bawakan aku kembali dengan sekeranjang air.”

Anak itu mengerjakan seperti yang diperintahkan kakeknya, tetapi semua air yang dibawa habis sebelum dia sampai di rumah. Kakeknya tertawa dan berkata, “Kamu harus berusaha lebih cepat lain kali “.

Kakek itu meminta cucunya untuk kembali ke sungai bersama keranjangnya untuk mencoba lagi. Kali ini anak itu berlari lebih cepat, tapi lagi-lagi keranjangnya kosong sebelum sampai di rumah.

Dengan terengah-engah dia mengatakan kepada kakeknya, tidak mungkin membawa sekeranjang air dan dia pergi untuk mencari sebuah ember untuk mengganti keranjangnya.

Kakeknya mengatakan : ”Aku tidak ingin seember air, aku ingin sekeranjang air. Kamu harus mencoba lagi lebih keras. ” dan dia pergi ke luar untuk menyaksikan cucunya mencoba lagi. Pada saat itu, anak itu tahu bahwa hal ini tidak mungkin, tapi dia ingin menunjukkan kepada kakeknya bahwa meskipun dia berlari secepat mungkin, air tetap akan habis sebelum sampai di rumah. Anak itu kembali mengambil / mencelupkan keranjangnya ke sungai dan kemudian berusaha berlari secepat mungkin, tapi ketika sampai di depan kakeknya, keranjang itu kosong lagi. Dengan terengah-engah, ia berkata : ”Kakek, ini tidak ada gunanya. Sia-sia saja”.

Sang kakek menjawab : ”Nak, mengapa kamu berpikir ini tak ada gunanya?. Coba lihat dan perhatikan baik-baik keranjang itu .”

Anak itu memperhatikan keranjangnya dan baru ia menyadari bahwa keranjangnya nampak sangat berbeda. Keranjang itu telah berubah dari sebuah keranjang batu yang kotor, dan sekarang menjadi sebuah keranjang yang bersih, luar dan dalam. ” Cucuku, apa yang terjadi ketika kamu membaca Qur’an ? Boleh jadi kamu tidak mengerti ataupun tak memahami sama sekali, tapi ketika kamu membacanya, tanpa kamu menyadari kamu akan berubah, luar dan dalam.

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad 

Berbuat baik pasti mendapatkan pahala

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Jumat, 18 Januari 2013 Pukul 22.32.00




Berbuat baik pasti mendapatkan pahala


Berbuat baik kepada setiap makhluk pasti mendapatkan pahala.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ketika seorang laki-laki sedang dalam perjalanan, ia kehausan. Ia masuk ke dalam sebuah sumur yang curam, lalu minum di sana. Kemudian ia keluar. Tiba-tiba ia mendapati seekor anjing di luar sumur yang sedang menjulurkan lidahnya dan menjilat-jilat tanah lembab karena kehausan.

Orang itu berkata, ‘Anjing ini telah merasakan apa yang baru saja saya rasakan.’ Kemudian ia kembali turun ke sumur dan memenuhi sepatunya dengan air lalu membawanya naik dengan menggigit sepatu itu. Sesampainya di atas ia minumi anjing tersebut.

Karena perbuatannya tadi Allah berterimakasih kepadanya dan mengampuni dosanya.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kalau kami mengasihi binatang kami mendapatkan pahala?” Beliau bersabda, “Berbuat baik kepada setiap makhluk pasti mendapatkan pahala.” [HR. al-Bukhari, 2363; Muslim, 2244]

Penentuan Waktu Shalat

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Senin, 14 Januari 2013 Pukul 15.10.00




Sebelum manusia menemukan hisab/perhitungan falak/astronomi, pada zaman Rasulullah waktu shalat ditentukan berdasarkan observasi terhadap gejala alam dengan melihat langsung matahari. Lalu berkembang dengan dibuatnya Jam Surya atau Jam Matahari serta Jam Istiwa atau sering disebut Tongkat Istiwa dengan kaidah bayangan matahari. 

Penentuan Waktu Shalat
Jam Surya atau Jam Matahari serta Tongkat Istiwa atau Bencet

Dengan berkembangnya peradaban manusia, berbagai kemudahan-kemudahan diciptakan untuk membuat manusia lebih praktis dalam segala hal termasuk dalam beribadah khususnya shalt fardu. Saat ini kita mengetahui banyak sekali diterbitkan jadwal waktu shalat dari berbagai instansi maupun organisasi antara lain; Departemen Agama, PP Muhammadiyah, PP Persis, PP Nahdatul Ulama (NU) dsb. Namun kesemuanya tidak dapat dilepaskan dari kaidah yang sebenarnya digunakan untuk menentukan waktu shalat yaitu "Pergerakan  Matahari " dilihat dari bumi.

“Sesungguhnya solat itu diwajibkan atas orang-orang yang beriman menurut waktu-waktu yang tertentu”  ( Q.S. An-Nisa’ :103 )

 “Dirikanlah solat ketika gelincir matahari hingga waktu gelap malam dan dirikanlah solat subuh sesungguhnya solat subuh itu adalah disaksikan (keistimewaannya)”.
( Q.S. Al-Isra’ : 78 )
 
Dari sudut pandang Fiqih penentuan waktu shalat fardhu seperti dinyatakan di dalam kitab-kitab fiqih adalah sebagi berikut :
  1. Waktu Subuh. Waktunya diawali saat Fajar Shiddiq sampai matahari terbit (syuruk). Fajar Shiddiq ialah terlihatnya cahaya putih yang melintang  mengikut garis lintang ufuk di sebelah Timur akibat pantulan cahaya matahari oleh atmosfer. Menjelang pagi hari, fajar ditandai dengan adanya cahaya samar yang menjulang tinggi (vertikal) di horizon Timur yang disebut Fajar Kidzib atau Fajar Semu yang terjadi akibat pantulan cahaya matahari oleh debu partikel antar planet yang terletak antara Bumi dan Matahari. Setelah cahaya ini muncul beberapa menit kemudian cahaya ini hilang dan langit gelap kembali. Saat berikutnya barulah muncul cahaya menyebar di cakrawala secara horizontal, dan inilah dinamakan Fajar Shiddiq. Secara astronomis Subuh dimulai saat kedudukan matahari  ( s° ) sebesar 18° di bawah horizon Timur atau disebut dengan "astronomical twilight"  sampai sebelum piringan atas matahari menyentuh horizon yang terlihat (ufuk Hakiki / visible horizon). Di Indonesia khususnya Departemen Agama menganut kriteria sudut  s=20° dengan alasan kepekaan mata manusia lebih tinggi saat pagi hari karena perubahan terjadi dari gelap ke terang.
  2. Waktu Zuhur. Disebut juga waktu Istiwa (zawaal) terjadi ketika matahari berada di titik tertinggi. Istiwa juga dikenal dengan sebutan Tengah Hari (midday/noon). Pada saat Istiwa, mengerjakan ibadah shalat (baik wajib maupun sunnah) adalah haram. Waktu Zuhur tiba sesaat setelah Istiwa, yakni ketika matahari telah condong ke arah Barat. Waktu tengah hari dapat dilihat pada almanak astronomi atau dihitung dengan menggunakan algoritma tertentu. Secara astronomis, waktu Zuhur dimulai ketika tepi piringan matahari telah keluar dari garis zenith, yakni garis yang menghubungkan antara pengamat dengan pusat letak matahari ketika berada di titik tertinggi (Istiwa). Secara teoretis, antara Istiwa dengan masuknya Zuhur ( z° ) membutuhkan waktu 2 menit, dan untuk faktor keamanan biasanya pada jadwal shalat waktu Zuhur adalah 4 menit setelah Istiwa terjadi atau z=1°.
  3. Waktu Ashar. Menurut Mazhab Syafi'i, Maliki, dan Hambali, waktu Ashar diawali jika panjang bayang-bayang benda melebihi panjang benda itu sendiri. Sementara Madzab Imam Hanafi mendefinisikan waktu Ashar jika panjang bayang-bayang benda dua kali melebihi panjang benda itu sendiri. Waktu Ashar dapat dihitung dengan algoritma tertentu yang menggunakan trigonometri tiga dimensi. Secara astronomis ketinggian matahari saat awal waktu Ashar dapat bervariasi tergantung posisi gerak tahunan matahari/gerak musim. Di Indonesia khususnya Departemen Agama menganut kriteria waktu Ashar adalah saat panjang bayangan = panjang benda + panjang bayangan saat istiwa. Dengan demikian besarnya sudut tinggi matahari waktu Ashar ( a° ) bervariasi dari hari ke hari.
  4. Waktu Maghrib. Diawali saat matahari terbenam di ufuk sampai hilangnya cahaya merah di langit Barat. Secara astronomis waktu maghrib dimulai saat seluruh piringan  matahari masuk ke horizon  yang terlihat (ufuk Mar'i / visible horizon) sampai waktu Isya yaitu saat kedudukan matahari  sebesar i° di bawah horizon Barat.  Di Indonesia khususnya Departemen Agama menganut kriteria sudut i=18° di bawah horison Barat.
  5. Waktu ‘Isya. Diawali dengan hilangnya cahaya merah (syafaq) di langit Barat, hingga terbitnya Fajar Shiddiq di Langit Timur. Secara astronomis, waktu Isya  merupakan kebalikan dari waktu Subuh yaitu dimulai saat kedudukan matahari  sebesar i° di bawah horizon Barat sampai sebelum posisi matahari sebesar s° di bawah horizon Timur.
  • Waktu Imsak, adalah awal waktu berpuasa. Diawali 10 menit sebelum Waktu Subuh dan berakhir saat Waktu Subuh. Ijtihad 10 menit adalah perkiraan waktu saat Rasulullah membaca Al Qur'an sebanyak 50 ayat waktu itu.

Demi menjaga "keamanan" terhadap jadwal waktu shalat yang biasanya diberlakukan untuk suatu kawasan tertentu, maka dalam hal ini setiap awal waktu shalat menggunakan kaidah "ihtiyati" yaitu menambahkan beberapa menit dari waktu yang sebenarnya. Besarnya ihtiyati ini biasanya ditambahkan 2 menit di awal waktu shalat dan dikurangkan 2 menit sebelum akhir waktu shalat.

Akibat pergerakan semu matahari 23,5° ke Utara dan 23,5° ke Selatan selama periode 1 tahun, waktu-waktu tersebut bergesar dari hari-kehari. Akibatnya saat waktu shalat juga mengalami perubahan. oleh sebab itulah jadwal waktu shalat disusun untuk kurun waktu selama 1 tahun dan dapat dipergunakan lagi pada tahun berikutnya. Selain itu posisi atau letak geografis serta ketinggian tempat juga mempengaruhi kondisi-kondisi tersebut di atas.

Diagram Waktu Shalat berdasarkan posisi matahari

Berdasarkan konsep waktu menggunakan posisi matahari secara astronomis para ahli kini berusaha membuat rumus waktu shalat berdasarkan letak geografis dan ketinggian suatu tempat di permukaan bumi dalam bentuk sebuah program komputer yang dapat menghasilkan sebuah tabulasi data secara akurat dalam sebuah "Jadwal Waktu Shalat". Kini software waktu shalat terus dibuat dan dikembangkan diantaranya: Accurate Times, Athan Software, Prayer Times, Mawaqit, Shalat Time dsb. serta software produksi BHR Departemen Agama yang disebarluaskan secara nasional yaitu Winhisab. Program ini masih terlalu sederhana untuk kelas Nasional dan saya yakin BHR bisa membuat yang lebih baik lagi.

Waktu Shalat Sunah
Tidak semua shalat sunah mempunyai waktu tertentu melainkan beberapa shalat sunah sudah diatur waktunya. Waktu-waktunya adalah mengikuti waktu shalat yang dianjarkan Nabi Muhammad s.a.w. Diantara shalat sunah yang dilakukan mengikuti waktu tertentu adalah:
Shalat Dhuha - dilakukan ketika waktu matahari baru naik (mengikut pandangan beberapa ulama, pada ketinggian segalah atau tujuh hasta) atau sekitar 3,5° ketinggian Matahari.
Shalat Ied - dilakukan pada waktu pagi hari raya yang pertama bagi kedu jenis hari raya tersebut, umumnya dilakukan pada waktu Dhuha  yaitu waktu matahari baru naik (mengikut pandangan sebagian ulama, pada ketinggian segalah)
Shalat Tarawih - dilakukan pada waktu Isya' (umumnya dilakukan selepas Shalat Isya' sebelum kemunculan waktu imsak)
Shalat Sunat Gerhana - dilakukan pada waktu gerhana (matahari atau bulan) sedang terjadi.
Shalat Sunat Rawatib - dilakukan sebelum dan selepas solat fardhu. Tidak semua solat mempunyai kedua-dua solat sunat.
Waktu Haram Shalat
Berikut adalah waktu yang diharamkan solat (sebagian ulama mengatakan berlaku bagi selain tanah haram):
Waktu selepas shalat Subuh hingga terbit matahari.
Waktu mulai terbit matahari (syuruk) hingga matahari berada di kedudukan pada kadar segalah (tujuh hasta).
Waktu rambang (zawal, istiwa, rembah) atau waktu tengahari (matahari tegak) hingga gelincir matahari kecuali hari Jumaat.
Waktu selepas shalat Asar hingga matahari kekuningan.
Waktu matahari kekuningan hingga matahari terbenam.

Karomah Imam Syadzily

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Jumat, 11 Januari 2013 Pukul 08.16.00



Karomah Imam Syadzily


Sulthonul Auliya’ Syaikh Abul Hasan 'Ali Asy Syadzili ra. adalah seorang yang dianugerahi karomah yang sangat banyak, tidak ada yang bisa menghitung karomahnya kecuali Allah SWT. Dan sebagian dari karomah beliau antara lain adalah :
  1. Allah SWt menganugerahkan kepada beliau kunci seluruh Asma-Asma, sehingga seandainya seluruh manusia dan jin menjadi penulis beliau (untuk menulis ilmu-ilmu beliau) mereka akan lelah dan letih, sedangkan ilmu beliau belum habis.
  2. Beliau adalah sangat terpuji akhlaqnya, sifat mudah menolong dan kedermawanannya dari sejak usia anak-anak sampai ketika umur enam tahun telah mengenyangkan orang-orang yang kelaparan pada penduduk Negara
  3. Tunisia dengan uang yang berasal dari alam ghoib (uang pemberian Allah secara langsung kepada beliau.
  4. Beliau didatangi Nabiyulloh Khidir as untuk menetapkan “wilayatul 'adzimah” kepada beliau (menjadi seorang wali yang mempunyai kedudukan tinggi) ketika beliau baru berusia enam tahun.
  5. Beliau bisa mengetahui batin isi hati manusia 5.Beliau pernah berbicara dengan malaikat dihadapan murid-muridnya.
  6. Beliau menjaga murid-muridnya meskipun di tempat yang jauh.
  7. Beliau mampu memperlihatkan/menampakkan ka’bah dari negara Mesir
  8. Beliau tidak pernah putus melihat/menjumpai Lailatul Qodar semenjak usia baligh hingga wafatnya beliau. Sehingga beliau berkata : Apabila Awal Puasa ramadhan jatuh pada hari Ahad maka Lailatul Qodarnya jatuh pada malam 29, Awal Puasa pada hari Senin Lailatul Qodarnya malam 21, Awal puasa pada hari Selasa Lailatul Qodarnya malam 27, Awal puasa pada hari Rabu Lailatul Qodarnya malam 19, awal puasa pada hari Kamis Lailatul Qodarnya malam 25, awal puasa pada hari jum’at maka Lailatul Qodarnya pada malam 17, sedangkan bila awal puasa pada hari Sabtu maka Lailatul Qodarnya jatuh pada malam 23.
  9. Barang siapa yang meninggal dan dikubur sama dengan hari meninggal dan dikuburkannya beliau, maka Allah akan mengampuni seluruh dosanya.
  10. Doa Beliau Mustajabah (dikabulkan oleh Allah SWT)
  11. Beliau tidak pernah terhalang sekejap mata pandangannya dari Rasulullah saw selama 40 tahun (artinya beliau selalu berjumpa dengan Rasulullah selama 40 tahun).
  12. Beliau dibukakan (oleh Allah) bisa melihat lembaran buku murid-murid yang masuk kedalam thoriqohnya, padahal lebar bukunya tersebut berukuran sejauh mata memandang. Hal ini berlaku bagi orang yang langsung baiat kepada beliau dan juga bagi orang sesudah masa beliau sampai dengan akhir zaman. Dan seluruh murid-muridnya (pengikut thoriqohnya) diberi karunia bebas dari neraka. Syaikh Abul Hasan Asy Syadzili ra sungguh telah digembirakan diberi karunia, barang siapa yang melihat beliau dengan rasa cinta dan rasa hormat tidak akan mendapatkan celaka.
  13. Beliau menjadi sebab keselamatan murid-muridnya/pengikutnya (akan memberikan syafaat di akhirat).
  14. Beliau berdo’a kepada Allah SWT, agar menjadikan tiap-tiap wali Qutub sesudah beliau sampai akhir zaman diambil dari golongan thoriqohnya. Dan Allah telah mengabulkan Do’a beliau tersebut. Maka dari itu wali Qutub sesudah masa beliau sampai akhir zaman diambil dari golongan pengikut beliau.
  15. Syaikh Abul Abbas Al Mursi ra berkata : “Apabila Allah SWT menurunkan bala/bencana yang bersifat umum maka pengikut thoriqoh syadziliyah akan selamat dari bencana tersebut sebab karomah syaikh Abul Hasan Asy Syadzili ra”.
  16. Syaikh Syamsudin Al-Hanafi ra mengatakan bahwa: pengikut thoriqoh syadziliyah dikaruniai kemulyaan tiga macam yang tidak diberikan pada golongan thoriqoh yang lainnya : a. Pengikut thoriqoh Syadziliyah telah dipilih di lauhil mahfudz. b. Pengikut thgoriqoh syadziliyah apabila jadzab/majdub akan cepat kembali seperti sedia kala. c. Seluruh Wali Qutub yang diangkat sesudah masa syaikh Abul Hasan Asy Syadzili ra akan diambil dari golongan ahli thoriqoh Sadziliyah.
  17. Apabila beliau mengasuh/mengajar murid-muridnya sebentar saja, sudah akan terbuka hijab.
  18. Rasulullah saw memberikan izin bagi orang yang berdo’a Kepada Allah SWT dengan bertawasul kepada Syaikh Abul Hasan Asy Syadzili.

Sumber : “Tanwirul Ma’ali manaqibi Ali bin Abil Hasan Asy Syadzili“ karya Syaikh Muhammad Nahrowi (mbah Dalhar) bin Abdurrahman, Watu Congol, Muntilan – Magelang.

Hati-hati Dalam Semua Tindakan

Diposkan Oleh: Encep Hasbi - Diperbarui Pada: Senin, 07 Januari 2013 Pukul 18.01.00





Sering kali kita merasa bahwa apa yang kita kejar target dalam peruatan, kadang mengalami kegagalan. Akhirnya, banyak juga yang putus harapan. Maka, dalam hal ini, kita di suguhkan agar tawakal, pasrah selalu, sumerah dalam jiwa. Karena, apa yang telah kita kerjakan itu, walau gagal sekalipun, banyak mengandung banyak hikmah di kemudian hari.Agama mengajarkan, bahwa didalam melaksanakan segala macam pekerjaan hendaknya dilaksanakan dengan penuh hati hati dan penuh ketelitian.
Dikatakan dalam pepatah

فى التأني السلامه وفى العجلة الندامه

Didalam keberhati hatian itu  ada keselamatan, dan didalam terburu buru  dengan sikap tergesa gesa itu biasanya mengandung penyesalan.

Tetapi ada lima perkara yang harus dikerjakan dengan segera dan buru-buru;
  1. Mengubur jenazah.Ttidak baik kalau jenazah itu disemayamkan beberapa hari dirumah, menunda mengurus jenazah, contohnya adalah nabi, beliau lahir dimakkah , meninggal di madinah, dikuburnyapun di madinah , tidak dibawa kemakkah, karena prinsifnya islam mengajarkan kemudahan , tidak mengajarkan kesulitan
  2. Menikahkan anak perempuan. Apalagi dizaman sekarang ini apabila tidak dinikahkan maka dikhawatirkan kawin sendiri 
  3. Membayar hutang, apabila kita berhutang kepada seseorang , 
  4. Menghidangkan makanan bagi musafir atau tamu
  5. Bertaubat apabila mengerjakan dosa



Anjuran Dan Pantangan Pasutri

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Minggu, 23 Desember 2012 Pukul 16.44.00



Anjuran Dan Pantangan Pasutri

Jika isterimu memasuki rumahmu, hendaknya lepas sandalnya ketika ia sedang duduk, basuh kedua kakinya, siramkan air bekas basuhan tadi dimulai dari pintu rumahmu sampai ke sekeliling rumah. Karena, dengan hal ini Allah mengeluarkan dari rumahmu 70.000 macam kefakiran dan memasukkan ke dalamnya 70.000 macam kekayaan, 70.000 macam keberkahan, menurunkan kepadamu 70.000 macam rahmat yang meliputi isterimu, sehingga rumahmu diliputi oleh keberkahan dan isterimu serta keluargamu diselamatkan dari berbagai macam penyakit selama ia berada di rumah.

Assalamu 'Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dalam bahtera rumahtangga banyak suka maupun duka dan tak jarang berakhir jadi petaka akibat keretakan yang tak diduga. Padahal bila kita mengacu pada etika dan tatakerama hubungan suami dan istri, maka akan didapati keluarga yang harmonis serta bahagia penuh kasih sayang, sakinah, mawaddah warohmah.  Maka untuk mempertahankannya coba dilakukan pendekatan-pendekatan dalam kal etika. Namun urusan etika dalam mahligai ini relatif bagi tiap pasangan. Akan tetapi secara gelobar, keseluruhan mengacu pada uraian-uraian yang dibawah ini. Mudah-mudahan ada manfaatnya,

Secara sary'i maupun adat lingkungan di suatu tempat, pasutri ini menggunakan tata cara hidup rukun agar terbina keluarga penuh rahmat Ilahi.

Anjuran.

Sebagai mulanya gauilah isterimu pada malam senin, karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia menjadi pemelihara, penghapal Al-Qur’an, ridha terhadap pemberian Allah swt. Jika kamu menggauli isterimu pada malam Selasa, hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia dikaruniai syahadah setelah bersaksi “Sesungguhnya tiada tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah”, tidak disiksa oleh Allah bersama orang-orang yang musyrik, bau mulutnya harum, hatinya penyayang, tangannya dermawan, dan lisannya suci dari ghibah dan dusta.

Jika kamu menggauli isterimu pada malam Kamis, hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia menjadi ahli hukum dan orang yang ‘alim.

Jika kamu menggauli isterimu pada hari Kamis setelah matahari tergelincir, hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia tidak didekati setan sampai berubah rambutnya, menjadi orang yang mudah paham, dan dikaruniai oleh Allah Azza wa Jalla keselamatan dalam agama dan di dunia.

Jika kamu menggauli isterimu pada malam Jum’at, hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia menjadi orang yang orator, ahli diplomasi. Jika kamu menggauli isterimu pada hari Jum’at setelah Ashar, (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia menjadi orang yang terkenal, termasyhur dan ‘alim. Jika kamu menggauli isterimu pada malam Jum’at sesudah ‘Isya’, maka diharapkan kamu memiliki anak yang menjadi penerus, insya Allah.

Barangsiapa yang bercumbu dengan isterinya di tempat tidur janganlah sambil membaca Al-Qur’an, karena khawatir turun api dari langit lalu membakar keduanya.

Pantangan.

Jika isterimu hamil, janganlah menggaulinya kecuali kamu dalam keadaan berwudhu’, karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia buta hatinya dan bakhil tangannya.

Jangan gauli isterimu pada awal waktu malam (setelah terbenam matahari), karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia menjadi orang yang tidak beriman, menjadi tukang tipu daya dan makar yang akibatnya buruk di dunia hingga di akhirat.


Cegahlah isterimu (selama seminggu dari awal perkawinan) minum susu dan cuka, makan ketumbar dan apel yang asam. Empat hal ini dapat menyebabkan isterimu mandul dan tidak membuahkan keturunan. Sementara tikar di rumahmu lebih baik dari perempuan yang mandul. Mengapa ia tidak boleh minum cuka? Karena Cuka dapat menyebabkan tidak sempurna kesucian dari haidnya, ketumbar menyebabkan darah haid berakibat negatif terhadap kandungannya dan mempersulit kelahiran, sedangkan apel yang asam dapat menyebabkan darah haid terputus sehingga menimbulkan penyakit baginya.

Janganlah kamu menggauli isterimu pada awal bulan, tengah bulan, dan akhir bulan, karena hal itu mempercepat datangnya penyakit gila, kusta, dan kerusakan syaraf padanya dan keturunannya.

Janganlah kamu menggauli isterimu sesudah Zhuhur, karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan jiwa anak mudah goncang, labil dan setan sangat menyukai manusia yang jiwanya goncang.

Janganlah kamu menggauli isterimu sambil berbicara, karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan kebisuan. Dan janganlah seorang suami melihat kemaluan isterinya, hendaknya memejamkan mata ketika berhubungan, karena melihat kemaluan dapat menyebabkan kebutaan pada anak.

Jangan menggauli isterimu dengan dorongan syahwat pada wanita lain (membayangkan perempuan lain), karena (bila dikaruniai anak) dikhawatirkan memiliki sikap seperti wanita itu dan memiliki gangguan kejiwaan.

Jangan menggauli isterimu dalam keadaan telanjang bulat, juga isterimu, karena khawatir tidak tercipta keseimbangan syahwat, yang akhirnya menimbulkan percekcokan di antara kalian berdua, kemudian menyebabkan perceraian.

Janganlah menggauli isterimu dalam keadaan berdiri, karena hal itu merupakan bagian dari prilaku anak keledai, dan (bila dikaruniai anak) ia suka ngencing di tempat tidur seperti anak keledai ngencing di sembarangan tempat.

Jangan menggauli isterimu pada malam ‘Idul Fitri, karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan anak memiliki banyak keburukan bahkan bila anak yang pertama dikahawatirkan semua anakmu kurang dalam akalnya seterusnya bisa gila semuanya.

Jangan menggauli isterimu pada malam ‘Idul Adhha, karena (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan jari-jarinya tidak sempurna, enam atau empat jari-jari.

Jangan menggauli isterimu di bawah pohon yang berbuah, karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia menjadi orang yang penyambuk atau pembunuh atau tukang pembuat onar alias durjana.

Jangan menggauli isterimu di bawah langsung sinar matahari kecuali tertutup oleh tirai, karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan kesengsaraan dan kefakiran sampai ia meninggal.

Jangan menggauli isterimu di antara adzan dan iqamah, karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia suka melakukan pertumpahan darah.

Jangan menggauli isterimu pada malam Nisfu Sya’ban, malam kelimabelas dibulan Sya'ban, karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan tidak bagus biologisnya, bertompel pada kulit dan wajahnya.

Jangan menggauli isterimu pada akhir bulan bila sisa darinya dua hari setelah masa haid, karena hal itu (bila anugrahi anak) dapat menyebabkan ia suka bekerjasama dan menolong orang yang zalim, dan menjadi perusak persatuan kaum muslimin.

Jangan menggauli isterimu di atas dak bangunan ( yang tidak beratap), karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia menjadi orang munafik, riya’, dan ahli kebid'ahan (bid'ah syar'iyyah la bid'ah lughawiyah).

Jangan menggauli isterimu ketika hendak melakukan perjalanan (bermusafir), jangan menggaulinya pada malam itu, karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia suka membelanjakan harta di jalan yang tidak benar (pemboros).

Jangan menggauli isterimu jika kamu hendak bermusafir 3 hari 3 malam, karena hal itu (bila dikaruniai anak) dapat menyebabkan ia menjadi penolong orang yang zalim.

Demikian paparan Anjuran Dan Pantangan Pasutri ini disuguhkan untuk kita semua mudah-mudahan ada manfaatnya, amin. Allahu a'lamu wai-laihil marji'u wal-anab, allahu waliyyut taufiq. Wassalam.

Jangan Tinggalkan Dzikir

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Jumat, 21 Desember 2012 Pukul 22.28.00



Jangan Tinggalkan Dzikir

Tingkatan dzikir menurut Ibnu Athaillah As Sakandary pengarang kitab Al Hikam, ada empat macam yaitu:

Pertama, dzikir dengan lupa (dzikir dengan lisan).
Dalam kategori ini biasanya orang yang berdzikir hanya sebatas di mulut, contohnya ketika ada petir menyambar seseorang akan bilang astagfirullah, subhanallah, maupun innalillah tapi bukan karena benar-benar ingat Allah melainkan karena kaget (reflek) karena lupa.

Kedua, dzikir yaqdzoh (dzikir sadar).
Dalam kesempatan ini seseorang bisa dzikir dengan keadaan sadar.  Meskipun demikian orang yang berdzikir belum sepenuhnya ikhlas berdzikir karena Allah. Masih sebatas menggunakan kekuatan fikiran sadarnya, belum sampai tembus ke dalam hati (Bawah sadar). Dalam keadaan ini orang yang berdzikir senantiasa ingat kepada Allah, namun belum sepenuhnya menyadari apa yang harus dilakukan.

Ketiga, dzikir khudurul qolbi (hadirnya hati).
Dalam tahap inilah seseorang bisa berdzikir dengan menggunakan hatinya. dimana hatinya senantiasa ingat kepada Allah dalam setiap saat dan setiap waktu. Orang yang bisa berdzikir dengan menggunakan hatinya, akan bisa tenang dalam hidupnya karena akan selalu ingat kepada Allah.

Keempat, dzikir ruh.
Dimana dzikir ini merupakan puncaknya dzikir. Karena seseorang yang berada dalam tahap ini sudah tidak mengingat apapun kecuali ingat Allah. semua yang ada di dunia tidak ada artinya, yang ada hanyalah Allah semata. Dzikir pada tahap ini merupakan dzikir yang biasanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang benar-benar dekat dengan Allah (waliyullah).

Nasehat Ibnu Athaillah As Sakandary : AL HIKAM : HIKMAH 47, Jangan Tinggalkan Dzikir

لا تترك الذكر لعدم حضورك مع الله فيه لان غفلتك عن وجود ذكره أشد من غفلتك في وجود ذكره فعسى ان يرفعك من ذكر مع وجود غفلة الى ذكر مع وجود يقظة ومن ذكر مع وجود يقظة الى ذكر مع وجود حضور ومن ذكر مع وجود حضور الى ذكر مع وجود غيبة عما سوى المذكور وما ذلك علي الله بعزيز

“Janganlah kamu meninggalkan dzikir karena tidak adanya kehadiranmu kepada Allah, kelalaianmu dari dzikir kepada Allah itu lebih berat dari kelalaianmu dalam atau ketika berdzikir kepada Allah. Mungkin saja Allah akan mengangkatmu dari dzikir (disertai adanya lupa) menuju dzikir yang disertai ingat kepada Allah dan dari dzikir yang disertai ingat kepada Allah menuju dzikir yang disertai hadirnya hati dan dari dzikir yang disertai hadirnya hati menuju dzikir yang disertai hilangnya sesuatu selain Allah SWT. Dan semua itu bukanlah hal yang sulit bagi Allah SWT.”

Dari hikmah di atas Ibnu Athaillah menjelaskan bahwa dzikir itu ada 4 tahap :
Lisan :  لسان 
Ingat dalam hati :  يقظة
Hadirnya Hati : حضور
Hilangnya sesuatu selain Allah :  (غيبة عما سوى المذكور )

Ketika kita dzikir kepada Allah tapi akal kita lupa lalu kita meninggalkannya, maka hal ini adalah suatu kesalahan yang sangat fatal. Lebih baik kita berdzikir walaupun hati kita lupa, karena suatu ketika Allah akan menjadikan kita dalam derajat يقظة lalu menuju derajat حضور dan sampai pada derajat غيبة عما سوى المذكور.

Allohu a'lam.

Marhaba Rokbi

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Senin, 17 Desember 2012 Pukul 17.08.00




Marhaba Rokbi

Marhaba Rokbi adalah bacaan yang selalu di kumandangkan bila mengadakan marhabaan. Adapun kalimat yang di gunakannya banyak macam dan bentuk pembacaannya, namun semua merujuk pada Qoshidah Burdah Imam al-Qusyaeri dalam Barzanjinya. Disini ditulis marhabaan yang banyak digunakan di lingkungan tempat penulis, di samping ada pula Asyrokol yang amat masyhur itu.

Marhaba Rokbi


مرحبا يا نور العين مرحبا مرحبا يا مرحبا
مرحبا جد الحسين مرحبا مرحبا يا مرحبا



طلع البدر علينا مرحبا مرحبا يا مرحبا

من ثنية الوداع مرحبا مرحبا يا مرحبا



ياهو وجب الشكر علينا مرحبا يا ياهو مرحبا يا ياهو مرحبا يا ياهو مرحبا

ياهو ما دعا لله داع مرحبا يا ياهو مرحبا يا ياهو مرحبا يا ياهو مرحبا



أيها المبعوث فينا مرحبا أيها المبعوث فينا مرحبا

جئت بالأمر المطاع مرحبا أي جئت بالأمر المطاع مرحبا



كن كن شفيعا يا حبيبي مر مرحبا يا كن كن شفيعا يا حبيبي مر مرحبا يا

يوم حشر يوم حشر واجتماع ياهو يوم حشر يوم حشر واجتماع



ربنا صل علي من مرحبا يا مرحبا يا مرحبا يا

حل في خير البقاع مرحبا يا مرحبا يا مرحبا يا



ياهـــــو



واسبل الســـت واسبل الستر علينا

واسبل واسبل الســـت واسبل الستر علينا



الله ياهو ياهو هو يا مجيبا يا مجيبا كل داع

الله ياهو ياهو هو يا مجيبا يا مجيبا كل داع



أنت في كل جميل أنت في كل جميل أنت في كل جميل وجمال يا مطاع

قد تجليت لقلبي قد تجليت لقلبي قد تجليت لقلبي مسفرا دون القناع

وعلي عشق الجمال وعلي عشق الجمال وعلي عشق الجمال طبع الله الطباع

ولبسنا ثوب عز ولبسنا ثوب عز ولبسنا ثوب عز بعد تلفيف الرقاع

ورضعنا ثدي وصل ورضعنا ثدي وصل ورضعنا ثدي وصل قبل أيام الرضاع



صلي الله علي محمد صلي الله عليه وسلم

وصلاة الله علي احمد ما سعي لله الساعي



صلي الله علي محمد وآله وصحبه وسلم

Doa Istighotsah Nahdlatul Ulama

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Pukul 04.49.00



Doa Istighotsah Nahdlatul Ulama
Doa Istighotsah Nahdlatul Ulama



يَـاْ رَبِّ بالمـــصطفي  OO  بلغ مقـــــــــاصدنا



واغفـر لنا ما مــضي  OO  يا واســـع الــــكرم



يَاْ رَبِّ بالمـصطفي ار  OO  زقــــــنا زيـــارته

وافتــح لنا الــــــعلم يا  OO  ذا الـــجود والـكرم



يَاْ رَبِّ بالمصطفي انـ  OO  ـصر نهضة الـعلمآ

وافـتـــــح لــنهضتنــا  OO  فـــتحا كمـــــاالــعَلَم



يَاْ رَبِّ بالمصطفي انـ  OO  ـصر نهضة الـنَّوآءَ

عِنْ سُلطــانَ الــهَوَاْزِ  OO  مِ الأعـــــدآءِ بالـنِّقَم



يَاْ رَبّنا انصر جُيــــو  OO  ـشَ الـــــعلمآءِ وَكُنْ

عَوْنًا مُـــعِيْنًا عَلَي الْـ  OO  ـكُفَّــــــــــاْرِ كُــــلِّهِمِ



يَاْ رَبِّ صــلِّ عَلَي الْـ  OO  ـهَــــاْدِيْ وَشِــيْعَــتِهِ

وَانْصُـرْ جَـــمِيْعَ وُوْلاَ  OO  تِ الــدِّيْنِ فِي الْأُمَـمِ



وَالْآلِ وَالــصَّحْبِ وَالْـ  OO  إِتْــــــبَاْعِ قَـــــاْطِـبَةً

وَاكْــشِفْ عَنِ النَّهْضِيْـ  OO  ـيِيْنَ الْهَمَّ وَالْـــحَزَنِ