" ليس الجمال بأثواب تزيننا ولكن الجمال بجمال العلم والأدب "

Silahkan cari:
Subscribe:

Ads 468x60px

Kisah Nabi Yunus alaihissalam

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Jumat, 27 Juli 2012 Pukul 20.20.00




Beliau adalah Nabi yang mulia yang bemama Yunus bin Mata. Nabi Muhammad saw berkata: "Janganlah kalian membanding-bandingkan aku atas Yunus bin Mata."

Mereka menamakannya Yunus, Dzun Nun, dan Yunan. Beliau adalah seorang Nabi yang mulia yang diutus oleh Allah SWT kepada kaumnya di negeri Nainuwa. Beliau menasihati mereka dan membimbing mereka ke jalan kebenaran dan kebaikan; beliau mengingatkan mereka akan kedahsyatan hari kiamat dan menakut-nakuti mereka dengan neraka dan mengiming-imingi mereka dengan surga; beliau memerintahkan mereka dengan kebaikan dan mengajak mereka hanya menyembah kepada Allah SWT.

Nabi Yunus senantiasa menasihati kaumnya namun tidak ada seorang pun yang beriman di antara mereka. Datanglah suatu hari kepada Nabi Yunus di mana beliau merasakan keputusasaan dari kaumnya. Hatinya dipenuhi dengan perasaan marah pada mereka namun mereka tidak beriman. Kemudian beliau keluar dalam keadaan marah dan menetapkan untuk meninggalkan mereka. Allah SWT menceritakan hal itu dalam firman-Nya:

"Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya) maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: 'Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang lalim.'" (QS. al-Anbiya': 87)

Tidak ada seorang pun yang mengetahui gejolak perasaan dalam diri Nabi Yunus selain Allah SWT. Nabi Yunus tampak terpukul dan marah pada kaumnya. Dalam keadaan demikian, beliau meninggalkan kaumnya. Beliau pergi ke tepi laut dan menaiki perahu yang dapat memindahkannya ke tempat yang lain. Allah SWT belum mengeluarkan keputusan-Nya agar Yunus meninggalkan kaumnya atau bersikap putus asa dari kaumnya. Yunus mengira bahwa Allah SWT tidak mungkin menurunkan hukuman kepadanya karena ia meninggalkan kaumnya. Saat itu Nabi Yunus seakan-akan lupa bahwa seorang nabi diperintah hanya untuk berdakwah di jalan Allah SWT. Namun keberhasilan atau tidak keberhasilan dakwah tidak menjadi tanggungjawabnya. Jadi, tugasnya hanya berdakwah di jalan Allah SWT dan menyerahkan sepenuhnya masalah keberhasilan atau ketidakberhasilannya terhadap Allah SWT semata.

Terdapat perahu yang berlabuh di pelabuhan kecil. Saat itu matahari tampak akan tenggelam. Ombak memukul tepi pantai dan memecahkan batu-batuan. Nabi Yunus melihat ikan kecil sedang berusaha untuk melawan ombak namun ia tidak mengetahui apa yang dilakukan. Tiba-tiba datanglah ombak besar yang memukul ikan itu dan menyebabkan ikan itu berbenturan dengan batu. Melihat kejadian ini, Nabi Yunus merasakan kesedihan. Nabi Yunus berkata dalam dirinya: "Seandainya ikan itu bersama ikan yang besar barangkali ia akan selamat. Kemudian Nabi Yunus mengingat-ingat kembali keadaannya dan bagaimana beliau meninggalkan kaumnya. Akhirnya, kemarahan dan kesedihan beliau bertambah.

Nabi Yunus pun menaiki perahu dalam keadaan guncang jiwanya. Beliau tidak mengetahui bahwa beliau lari dari ketentuan Allah SWT menuju ketentuan Allah SWT yang lain; beliau tidak membawa makanan dan juga kantong yang berisi bawaan atau perbekalan, dan tidak ada seorang pun dari teman-temannya yang menemaninya; beliau benar-benar sendirian; beliau melangkahkan kakinya di atas permukaan perahu.

Si nahkoda perahu bertanya kepadanya: "Apa yang engkau inginkan?" Mendengar pertanyaan itu, Nabi Yunus pun bangkit: "Saya ingin untuk bepergian dengan perahu-perahu kalian. Apakah kita berlayar dalam waktu yang lama?" Nabi Yunus menampakkan suara yang penuh kemarahan, rasa takut, dan kegelisahan. Nahkoda itu berkata sambil mengangkat kepalanya: "Kita akan berlayar meskipun air tampak sedang pasang." Nabi Yunus berkata dengan mencoba sabar dan menyembunyikan kegelisahannya: "Tidakkah engkau mendahului agar jangan sampai pasang itu terjadi wahai tuanku?" Si nahkoda berkata: "Laut kita biasanya terkena pasang, maka ia akan segera mereda ketika melihat seorang musafir yang mulia." Yunus bertanya: "Aku akan pergi bersama kalian dan berapa ongkos perjalanan?" Si nahkoda menjawab: "Kami tidak menerima ongkos selain emas." Yunus berkata: "Tidak jadi masalah."

Nahkoda itu memperhatikan Nabi Yunus. Ia adalah seorang yang berpengalaman di mana ia sering mondar-mandir dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lain. Seringnya ia mengunjungi suatu tempat ke tempat yang lain menjadikannya seorang lelaki yang mampu menangkap perasaan manusia. Nahkoda itu merasakan dan mengetahui bahwa Nabi Yunus lari dari sesuatu. Nahkoda itu membayangkan bahwa Nabi Yunus melakukan suatu kesalahan tetapi ia tidak berani untuk mengungkapkan kesalahan kepada pelakunya kecuali jika pelakunya seorang yang bangkrut. Ia meminta kepada Nabi Yunus untuk membayar ongkos sebanyak tiga kali lipat dari vang biasa dibayar musafir. Nabi Yunus saat itu merasakan kesempitan dalam dadanya dan diliputi dengan kemarahan yang keras dan keinginan kuat untuk meninggalkan negerinya sehingga ia pun memberikan apa yang diminta oleh si nahkoda.

Nahkoda itu memperhatikan kepingan-kepingan emas yang ada di tangannya dan ia menggigit sebagaiannya dengan giginya. Barangkali ia akan menemukan potongan emas yang palsu namun ia tidak menemukannya. Nabi Yunus hanya berdiri menyaksikan semua itu sementara dadanya tampak terombang-ambing: terkadang naik dan terkadang turun laksana ayunan. Nabi Yunus berkata: "Tuanku tentukan bagiku kamarku. Aku tampak letih dan ingin istirahat sebentar." Si nahkoda berkata: "Memang itu tampak di raut wajahmu. Itu kamarmu," sambil ia menunjuk dengan tangannya. Kemudian Nabi Yunus membaringkan diri di atas kasur dan beliau berusaha untuk tidur tetapi usahanya itu sia-sia. Adalah gambar ikan kecil yang hancur berbenturan dengan batu menyebabkan beliau tidak dapat tidur dengan tenang. Nabi Yunus merasakan bahwa atap kamar akan jatuh menimpa dirinya. Akhirnya, Nabi Yunus tidur di atas kasurnya di mana kedua bola matanya berputar-putar di atas atap kamar tetapi pandangan-pandangannya yang gelisah itu tidak menemukan tempat perlindungan. Tempat tinggalnya di kamar itu dan atapnya dan sisi-sisinya tampak semuanya akan runtuh. Nabi Yunus pun mulai mengeluh dan berkata: "Demikian juga hatiku yang tergantung dalam jiwaku."

Demikianlah, terjadi suatu pergulatan penderitaan yang hebat dalam diri Nabi Yunus saat ia terbaring di atas ranjangnya. Penderitaan yang keras cukup memberatkannya sehingga beliau pun bangkit kembali dari tempat tidurnya tanpa sebab yang dapat dipahami. Dan tibalah waktu pasang. Perahu melemparkan tali-talinya. Kemudian perahu itu berjalan sepanjang siang dan ia memecah airnya dengan tenang, dan angin pun bertiup padanya dengan sangat lembut dan baik. Lalu kegelapan menyelimuti perahu itu dan tiba-tiba lautan pun berubah. Bertiuplah angin yang cukup kencang yang sangat mengerikan yang nyaris menghancurkan perahu dan bergolaklah ombak yang cukup dahsyat laksana orang yang kehilangan akalnya. Ombak itu meninggi bagaikan gunung dan menurun bagaikan lembah.

Mulailah gelombang ombak menyapu permukaan perahu sehingga para awak perahu itu pun mulai terkena air. Dan di belakang perahu itu terdapat ikan paus yang besar yang mulai mengintai. Ia membuka mulutnya. Kemudian terdapat perintah kepada ikan paus itu untuk bergerak menuju permukaan laut. Ikan paus itu menaati perintah dari Allah SWT dan ia segera menuju permukaan laut. Ia mulai mengikuti perahu itu sebagaimana perintah yang diterimanya. Angin yang keras tetap bertiup kemudian kepala perahu (Juru mudi, Nahkoda) mengisyaratkan dengan tangannya agar beban perahu dikurangi. Dan angin semakin bertiup kencang. Sementara itu, Nabi Yunus merasakan ketakutan. Dalam tidurnya beliau melihat segala sesuatu berguncang di kamarnya. Beliau berusaha berdiri tegak, tetapi tidak mampu. Kemudian kepala perahu berteriak dan berkata: "Sungguh angin kencang bertiup tidak seperti biasanya. Bersama kita di sini, ada seseorang lelaki yang salah sehingga karenanya angin ini bertiup dengan kencang. Kita akan melakukan undian pada semua awak. Barangsiapa yang namanya keluar kami akan membuangnya ke lautan."

Nabi Yunus mengetahui bahwa ini adalah tradisi dari tradisi-tradisi yang biasa dilakukan oleh awak perahu jika mereka menghadapi angin yang keras. Tetapi saat itu beliau terpaksa harus meng-ikutinya. Episode penderitaan Nabi Yunus akan dimulai. Beliau adalah seorang Nabi yang mulia tetapi harus tunduk pada hukum ala berhala yang menganggap bahwa lautan mempunyai tuhan. Dengan kepercayaan itu, mereka meyakini bahwa bertiupnya angin yang kencang akibat murka dari tuhan. Oleh karena itu, harus diadakan upaya untuk menenangkan dan memuaskan tuhan-tuhan yang mereka yakini itu. Nabi Yunus pun terpaksa mengikuti undian itu. Nama beliau dimasukkan bersama dengan nama penumpang lainya, dan dilakukanlah undian. Yang keluar justru namanya. Lalu diadakan undian yang kedua, dan kali ini pun yang keluar nama Nabi Yunus. Akhirnya, diadakan undian yang ketiga. Lagi-lagi yang keluar nama Nabi Yunus. Kemudian ditetapkan bahwa Nabi Yunus harus dibuang ke lautan. Saat itu para awak penumpang memperhatikan Nabi Yunus. Nabi Yunus mengetahui bahwa beliau berbuat kesalahan ketika meninggalkan kaumnya dalam keadaan marah. Nabi Yunus mengira bahwa Allah SWT tidak akan menurunkan hukuman padanya. Namun ia dianggap salah karena meninggalkan kaumnya tanpa izin-Nya. Allah SWT memberikan pelajaran kepadanya.

Nabi Yunus berdiri di samping perahu dan melihat lautan yang dipenuhi dengan ombak yang mengerikan. Dunia saat itu gelap dan di sana tidak ada cahaya bulan. Bintang-bintang bersembunyi di balik kegelapan. Warna air tampak gelap dan hawa dingin menembus tulang. Alhasil, air menutupi segala sesuatu. Kemudian nahkoda perahu berteriak: "Lompatlah wahai musafir yang misterius." Tiupan angin semakin kencang. Nabi Yunus berusaha menjaga keseimbangannya, dan beliau menampakkan keberaniannya saat ingin terjun ke lautan. Nabi Yunus pun terjun dan berada di permukaan lautan laksana sampang yang mengambang. Ikan paus berada di depannya. Ikan itu mulai tersenyum karena Allah SWT telah mengirim padanya makanan malam. Kemudian ikan itu menangkap Nabi Yunus di tengah-tengah ombak. Kemudian ikan itu kembali ke dasar lautan. Ikan itu kembali dalam keadaaan puas setelah memenuhi perutnya.

Nabi Yunus sangat terkejut ketika mendapati dirinya dalam perut ikan. Ikan itu membawanya ke dasar lautan dan lautan membawanya ke kegelapan malam. Tiga kegelapan: kegelapan di dalam perut ikan, kegelapan di dasar lautan, dan kegelapan malam. Nabi Yunus merasakan bahwa dirinya telah mati. Beliau mencoba menggerakan panca inderanya dan anggota tubuhnya masih bergerak. Kalau begitu, beliau masih hidup. Beliau terpenjara dalam tiga kegelapan.

Yunus mulai menangis dan bertasbih kepada Allah. Beliau mulai melakukan perjalanan menuju Allah saat beliau terpenjara di dalam tiga kegelapan. Hatinya mulai bergerak untuk bertasbih kepada Allah, dan lisannya pun mulai mengikutinya. Beliau mengatakan: 

لآإله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين

"Tiada Tuhan selain Engkau ya Allah. Wahai Yang Maha Suci. Sesungguhnya aku termasuk orang yang menganiaya diri sendiri." (QS. Hud: 87)

Ketika terpenjara di perut ikan, beliau tetap bertasbih kepada Allah SWT. Ikan itu sendiri tampak kelelahan saat harus berenang cukup jauh. Kemudian ikan itu tertidur di dasar lautan. Sementara itu, Nabi Yunus masih bertasbih kepada Allah SWT. Beliau tidak henti-hentinya bertasbih dan tidak henti-hentinya menangis. Beliau tidak makan, tidak minum, dan tidak bergerak. Beliau berpuasa dan berbuka dengan tasbih. Ikan-ikan yang lain dan tumbuh-tumbuhan dan semua makhluk yang hidup di dasar lautan mendengar tasbih Nabi Yunus. Tasbih itu berasal dari perut ikan paus ini. Kemudian semua makhluk-makhluk itu berkumpul di sekitar ikan paus itu dan mereka pun ikut bertasbih kepada Allah SWT. Setiap dari mereka bertasbih dengan caranya dan bahasanya sendiri.

Ikan paus yang memakan Nabi Yunus itu terbangun dan mendengar suara-suara tasbih begitu riuh dan gemuruh. Ia menyaksikan di dasar lautan terjadi suatu perayaan besar yang dihadiri oleh ikan-ikan dan hewan-hewan lainya, bahkan batu-batuan dan pasir semuanya bertasbih kepada Allah SWT dan ia pun tidak ketinggalan ikut serta bersama mereka bertasbih kepada Allah SWT. Dan ia mulai menyadari bahwa ia sedang menelan seorang Nabi. Ikan paus itu merasakan ketakutan tetapi ia berkata dalam dirinya mengapa aku takut? Bukankah Allah SWT yang memerintahkan aku untuk memakannya. Nabi Yunus tetap tinggal di perut ikan selama beberapa waktu yang kita tidak mengetahui batasannya (40 hari menurut jumhur ulama). Selama itu juga beliau selalu memenuhi hatinya dengan bertasbih kepada Allah SWT dan selalu menampakkan penyesalan dan menangis: "Tiada Tuhan selain Engkau ya Allah Yang Maha Suci. Sesungguhnya aku termasuk orang yang menganiaya diri sendiri." Allah SWT melihat ketulusan taubat Nabi Yunus. Allah SWT mendengar tasbihnya di dalam perut ikan. Kemudian Allah SWT menurunkan perintah kepada ikan itu agar mengeluarkan Yunus ke permukaan laut dan membuangnya di suatu pulau yang ditentukan oleh Allah SWT.

Ikan itu pun menaati perintah Ilahi. Tubuh Nabi Yunus merasakan kepanasan di perut ikan. Beliau tampak sakit, lalu matahari bersinar dan menyentuh badannya yang kepanasan itu. Beliau berteriak karena tidak kuatnya menahan rasa sakit namun beliau mampu menahan diri dan kembali bertasbih. Kemudian Allah SWT menumbuhkan pohon Yaqthin, yaitu pohon yang daun-daunnya lebar yang dapat melindungi dari sinar matahari. Dan Allah SWT menyembuhkannya dan mengampuninya. Allah SWT memberitahunya bahwa kalau bukan karena tasbih yang diucapkannya niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan sampai hari kiamat.

Allah SWT berfirman:

"Sesungguhnya Yunus beriar-benar salah seorang rasul. (Ingatlah) ketika ia lari ke kapal yang penuh muatan, kemudian ia ikut berundi lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian. Maka ia ditelan oleh ihan besar dalam keadaan tercela. Maka kalau sekiranya ia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit. Kemudian Kami lemparkan dia ke daerah yang tandus, sedang ia dalam keadaan sakit. Dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu. Dan Kami utus dia kepada seratus orang atau lebih. Lalu mereka beriman, karena itu Kami anugerahkan kenikmatan hidup kepada mereka hingga waktu yang tertentu." (QS. ash-Shaffat: 139-148)

"Dan (ingatlah �kisah) Dzunnun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu mereka menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: 'Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah orang-orang yang lalim.' Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman." (QS. al-Anbiya': 87-88)

Tambahan ilmu mengenai nabi, apakah punya dosa?.

Kita sekarang ingin membahas masalah yang menurut ulama disebut sebagai dosa Nabi Yunus. Apakah Nabi Yunus melakukan suatu dosa dalam pengertian yang hakiki, dan apakah para nabi memang berdosa? Jawabannya adalah: Para nabi adalah orang-orang yang maksum tetapi kemaksuman ini tidak berarti bahwa mereka tidak melakukan sesuatu yang menurut Allah SWT itu pantas mendapatkan celaan (hukuman). Jadi masalahnya agak relatif. Menurut orang-orang yang dekat dengan Allah SWT: Kebaikkan orang-orang yang baik dianggap keburukaan bagi al-Muqarrabin (orang-orang yang dekat dengan Allah SWT). Ini memang benar. Sekarang, marilah kita amati kasus Nabi Yunus. Beliau meninggalkan desanya yang banyak dipenuhi oleh orang-orang vang menentang. Seandainya ini dilakukan oleh orang biasa atau oleh orang yang saleh selain Nabi Yunus maka hal itu merupakan suatu kebaikan dan karenanya ia diberi pahala. Sebab, ia berusaha menyelamatkan agamanya dari kaum yang durhaka. Tetapi Nabi Yunus adalah seorang Nabi yang diutus oleh Allah SWT kepada mereka. Seharusnya ia menyampaikan dakwah di jalan Allah SWT dan ia tidak peduli dengan hasil dakwahnya. Tugas beliau hanya sekadar menyampaikan agama. Keluarnya beliau dari desa itu� dalam kacamata para nabi�adalah hal yang mengharuskan datangnya pelajaran dari Allah SWT dan hukuman-Nya padanya.

Allah SWT memberikan suatu pelajaran kepada Yunus dalam hal dakwah di jalan-Nya. Allah SWT mengutusnya hanya untuk berdakwah. Inilah batasan dakwahnya dan beliau tidak perlu peduli dengan kaumnya yang tidak mengikutinya dan karena itu beliau tidak harus menjadi sedih dan marah. Nabi Luth tetap tinggal di kaumnya meskipun selama bertahun-tahun berdakwah beliau tidak mendapati seorang pun beriman. Meskipun demikan, Nabi Luth tidak meninggalkan mereka. Ia tidak lari dari keluarganya dan dari desanya. Beliau tetap berdakwah di jalan Allah SWT sehingga datang perintah Allah SWT melalui para malaikat-Nya yang mengizinkan beliau untuk pergi. Saat itulah beliau pergi. Seandainya beliau pergi sebelumnya niscaya beliau akan mendapatkan siksaan seperti yang diterima oleh Nabi Yunus. Jadi, Nabi Yunus keluar tanpa izin. Lalu perhatikan apa yang terjadi pada kaumnya. Mereka telah beriman setelah keluamya Nabi Yunus. Allah SWT berfirman:

"Dan mengapa tidak ada penduduk suatu kota yang beriman, lalu imannya itu bermanfaat kepadanya selain kaum Yunus? Tatkala mereka (kaum Yunus itu) beriman, Kami hilangkan dari mereka azab yang menghinakan dalam kehidupan dunia, dan Kami beri kesenangan kepada mereka sampai waktu yang tertentu." (QS. Yunus: 98)

Demikianlah, desa Nabi Yunus beriman. Seandainya ia tetap tinggal bersama mereka niscaya ia akan mengetahuinya dan hatinya menjadi tenang serta kemarahannya akan menjadi hilang. Tampaknya beliau tergesa-gesa dan tentu sikap tergesa-gesa ini berangkat dari keinginannya agar manusia beriman. Usaha Nabi Yunus untuk meninggalkan mereka adalah sebagai ungkapan kebenciannya kepada mereka atas ketidakimanan mereka. Maka Allah SWT menghukumnya dan mengajarinya bahwa tugas seorang nabi hanya menyampaikan agama. Seorang nabi tidak dibebani urusan keimanan manusia; seorang nabi tidak bertanggung jawab atas pengingkaran manusia; dan seorang nabi tidak dapat memberikan hidayah (petunjuk) kepada mereka. ♦

dengan tambahan aslinya dari: KISAH NABI YUNUS

Makanan yang Menjijikkan

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Jumat, 20 Juli 2012 Pukul 20.30.00



Makanan yang Menjijikkan
Makanan yang Menjijikkan

كل نجس خبيث وحرام وليس كل خبيث بنجس

"Semua yang najis itu jijik dan haram. Tidak semua yang jijik itu najis"

Apakah setiap yang menjijikkan itu jadi haram? Padahal standar makanan menjijikkan atau tidaknya pada setiap orang itu sama, artinya tidak berbeda baik orang berbudaya maupun yang masih primitif. Bila saja kita lihat di beberapa daerah ada orang yang masih memakan cacing, ulat dan makanan yang dirasa sebagian orang yang lainnya sesuatu yang menjijikkan. Itu bukan berarti definisi jijik itu relatif, melainkan jijik atas definisi syara' adalah sama semuanya tiada kecuali, yakni yang tidak boleh dikonsumsi. Hanya saja, pada sesuatu yang jijik itu ada yang najis seperti tai ayam, ada yang tidak najis seperti 'umel', ludah, sperma dlsb. Kemungkinan cuma keperibadian orangnya saja manakala masih mengkonsumsi sesuatu tadi dan ini beda dari yang lain alias abnormal. Jelas dia belum mengerti dan memahami apa-apa yang harus di konsumsinya dan apa yang tiada boleh di konsumsi. Karena, bila tiba saatnya dia mengetahui dan memahami, bahkan merasakan bahwa, mengkonsumsi yang tiada boleh di telan akan berakibat pada kesehatannya, maka dia otomatis meninggalkannya. Seperti orang terkena strook, padahal sudah maklum bahwa daging kambing itu boleh dikonsumsi oleh siapa saja sebatas penyembelihannya memenuhi kriteria syara', maka bila ada orang yang sampai mengharamkannya bukan berarti syara' melarang dia makan daging kambing, ini hanya sekedar hikmah dan faidah saja, seperti istilah medis bahwa, dalam zat makanan daging kambing itu mengandung kolesterol yang tinggi, tiada yang lebih dari itu.

Kita di kenalkan dalam Al Qur’an bahwa, makanan menjijikkan di sini disebut dengan khobits. Makna khobits inilah yang mesti kita pahami sebelum kita menghukumi makanan yang menjijikkan itu semuanya najis dan haram.

Allah Ta’ala berfirman,

وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ

"Dan Dia mengharamkan bagi mereka segala yang khobits" (QS Al A’raf: 157).

Makna khobits dalam ayat ini ada tiga pemahaman, yaitu:

Khobits adalah makanan haram. Jadi yang dimaksudkan dalam ayat tersebut adalah dilarang menyantap makanan haram seperti arak dan semisalnya.

Khobits bermakna segala sesuatu yang merasa jijik untuk memakannya, seperti ular, cicak, belatung, kadal dan yang lainnya sebangsa hasyarot, berbagai hewan kecil yang hidup di darat.

Khobits bermakna bangkai, darah dan daging babi. Artinya, Allah mengharamkan dan tidak membolehkan bentuk penghalalan semacam ini walaupun hanya pada bangkai, darah dan daging babi.


Ulama Malikiyah beranggapan bahwa, standar jijik dan tidaknya bukan menurut keriteria jijik dan tiada jijik dari orang Arab dari ahli Hijaz, melainkan oleh setiap manusia di mana saja berada, diwaktu kapan dan jaman apa dia berada. Mereka (Ulama Malikiyah) berdalil dengan tiga ayat yang menerangkan bahwa segala hewan yang secara jelas tidak dinash-kan, tidak tersurat dan tersirat, baik Al-Quran dan Hadite Nabi SAW. atau ucapan Sahabat dan Tabi'in akan haramnya, dihukumi mauquf, pengamatan. Tergantung pada era dan lingkungannya masing-masing. Tiga ayat yang dimaksud sebagai dalil umum adalah:

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا

“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu” (QS. Al Baqarah: 29)

قُلْ لَا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلَّا أَنْ يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنْزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ

“Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi - karena sesungguhnya semua itu kotor - atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah.” (QS. Al An’am: 145)

وَقَدْ فَصَّلَ لَكُمْ مَا حَرَّمَ عَلَيْكُمْ

“Padahal sesungguhnya Allah telah menjelaskan kepada kamu apa yang diharamkan-Nya atasmu” (QS. Al An’am: 119).

Dari tiga ayat ini terlihat (tersirat) bahwa makanan haram adalah yang dikecualikan dari keumuman ayat pertama (Al Baqarah: 29). Selain yang diharamkan berarti kembali kepada keumuman yang menyatakan halal atau bolehnya.
Dan menurut kaidah Fiqhiyyah "AL 'ADAT TUNAZZALU MANZILATAL HUKMI"

ألعـــــادات تنزل منزلت الحكم

atau "AL 'ADAT MUHAKKAMAH",

ألعــــادات محكمة

segala apa yang menjadi keriteria makanan boleh dan tidaknya dikonsumsi selain yang tersirat dalam dalil Qath'i tadi, dikembalikan pada kaidah "KULLU MA YUSTAQZDARU WAYASTAQBIQHUL 'ARABU"

 كل ما يستقذر ويستقبقح العرب 

Sesuatu yang dianggap jijik dan tidak dikonsumsi oleh orang arab, maka akan jelas hukumnya. Terkadang sesuatu itu jatuh pada hukum khabits, jijik saja tiada sampai pada najis. Dan ada pula yang sampai pada najis. Seperti contoh diawal tadi.

Dalam menghukumi makanan yang haram, memang ada pula ulama cenderung berpegang pada pendapat ulama Malikiyah yang menilai bahwa yang khobits (jijik) adalah kembali pada dalil. Jika dalil menyatakan haram, itulah yang dimaksudkan khobits. Jika dalil menyatakan halal, itulah yang dimaksudkan dengan thoyyib.

وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّ‌مُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ

“Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik (thoyyib) dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk (khobits)” (QS Al A’raf: 157).

Jika demikian, jadilah sederhana dan simpel untuk memutuskan manakah makanan yang haram ataukah tidak karena tinggal melihat pada dalil Al Qur’an dan Hadits Nabi yang shahih. Padahal jika kita menggunakan standar orang Arab atau lainnya, ini tidak akan sulit. Kita hanya mengambil hukum kias saja pada apa yang sudah dan terlukis dalam keseharian orang arab. Dengan demikian anggapan, tidak semua hewan ada dan hidup di tengah-tengah orang Arab, akan terkikis habis oleh keumuman kias ini. Ini logika sederhana yang menguatkan jumhur ulama yang berpendapat ini.

Intinya di sini, banyaklah menggali dalil mengenai makanan halal dan haram, hewan yang halal dan haram melalui hukum-hukum yang sudah terukir banyak dalam karya para ulama madzhab empat yang sudah disepakati kemu'tabarannya ini, melalui pengambilan kias-kias hukum yang sudah ada pula. Karena bagaimanapun, masalah-masalah yang baru pasti bermunculan dikehidupan kita hingga akhir jaman. Dan bila harus diketemukan dalil hanya yang tersirat saja dari Al-Quran dan Hadits Nabi SAW. akan banyak kendala dan tiada ujung-ujungnya jika mengesampingkan pendapat para ulama madzhab tadi. Apatah kata sudah maklum dari sabda Nabi SAW. bahwa, ummat semuanya hingga akhir jaman yang lebih tahu sendirinya ketimbang orang lain dalam urusan putusan permasalahan kehidupan di dunia, karena hanya dialah sendiri yang menjamaninya. Ujaran ini telah masyhur dalam riwayat ulama hadits, bahwa Nabi SAW, bersabda: "ANTUM A'LAMU BI UMURI DUNYAKUM"

أنتم أعلم بأمور دنياكم

sehingga kita akan tahu manakah yang khobits, manakah yang thoyyib dari perjalanan mengambil kias-kias tadi.

Wallahu a’lam bish showwab.

Cara Instal Maktabah Syamilah Di Windows XP

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Kamis, 05 Juli 2012 Pukul 04.00.00




Maktabah Syamilah
Telah lama saya mendambakan ada sebuah aplikasi yang mana didalamnya kumpulan kita-kitab 'kuning' untuk dijadikan rujukan pada satu masalah mengenai keagamaan hususnya umumnya masalah waqi'ah keseharian hidup saya di alam fana ini. Akhirnya ketemu deh yang namanya aplikasi itu, inipun setelah cari-cari serta bertanya pada teman-teman, aku menemukan Maktabah Syamilah. Katanya sih cocok di gunakan sebagai alat tambahan referensi, dan memang banyak sekali isi kitab didalamnya. Hanya saja seharusnya yang menjadi pokok referensi adalah kitab kuning yang baku, alias tulisan karya ulama yang tertuang di atas kertas. Karena katanya juga, namanya aplikasi, atau isi di beberapa kitab yang ada di dalamnya tiada lepas dari perobahan orang yang tak bertanggungjawab. Namun bukan berarti syakwasangka jelek sama bikinan dan karya amat mulia ini. Akan tetapi untuk belajar agama bukan dari buku, apalagi aplikasi. Tentunya harus dari seorang guru yang memiliki untaian keilmuan hingga Rasulullah SAW. Oke...

Berikut ini merupakan Cara Instal Maktabah Syamilah di Windows XP dan  jangan lupa gunakanlah fontnya menjadi Windows Arabic sebelum menginstal Maktabah Syamilah. Seterusnya langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Cara Instalasi.

Sistem Operasi Windowsnya harus Arabic (Win 95 atau 98 Arabic), atau Win XP yang dienable Arabicnya. Bila Windows XP masih versi English atau bahasa lainnya maka dibutuhkan langkah Enable Arabic. Untuk caranya ikuti penjelasan di Win XP agar tersedia font Arabic.

Catatan : Bisa di ambil font Arabicnya dari CD asli Windows bila kebetulan waktu booting PC, font Arabic tidak terinstal.

Persyaratan.

Ruang kosong di Hard Disk minimal 4.2 GB, perinciannya file asli sebesar 789 MB, hasil ekstraknya meliputi file terkait program 137 MB dan file data 3.18 GB.
Memory minimal 128 MB.

Oh iya....Bila belum ada failnya unduh disini atau disini
Setelah di unduh baru di extrak, terserah anda suka-suka dimana nyimpannya.


Langkah-langkah Instalasi.
- Klik file “shamela.exe”
- Klik tombol INSTALL
- Maka file ini akan menghasilkan sebuah direktory baru Library, yg berisi file “SETUP.EXE” dan 3 direktory lainnya
- Double Clik (jalankan) program “SETUP.EXE”
- Pilih direktory tempat menyimpan programnya (pada umumnya di direktory “Program files”
- Maka akan terbentuk direktory “Al-Maktabatusy Syamilah” dalam teks Arab.

Untuk menjalankannya
- klik START, ALL PROGRAM, cari “Al-Maktabatusy Syamilah” dalam teks Arab
- Klik “Al-Maktabatusy Syamilah” dalam teks Arab
- Program siap menampilkan berbagai jenis kitab.

Selamat berkarya.....

Hakikat Ikhlash (sunda)

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Selasa, 19 Juni 2012 Pukul 13.32.00



Dina raraga urang ibadah ka gusti nu maha suci, penting ibadah kudu make niat anu iklas, murni lillahi ta'ala, tanpa gorod karena arah, tanpa ngarepkeun tujuan sejen lian ti ibadah, sabab bisi malikeun jauh tina paneatan anu utama.

Nurutkeun kana kaedah fikih "al-isytigholu bighoiril maqshudi, i'rodlun 'anil maqshudi" nyibukeun diri jauh lain tina tujuan, eta ngabalieur tina pamaksudan. Tujuan nu tadi na murni hayang ganjaran, gara-gara aya riya, akirna kalah ka meunang genjrengan.

Nurut kana macemna, iklas aya tilu:


iklas hususil husus, iklasna para nabi jeung para rosul
iklas husus, iklasna para wali jeung ulama khowwash
iklas umum, iklasna jalma biasa nu sok ibadah.


Iklas umum moal sarua jeung iklas wali, iklas wali moal sarua jeung iklas nabi, oge kitu jeung sabalikna katut saterusna.


Umumna iklas manusia, salian ngarahan sah ibadah, pasti hayang ka tarima, maka sataker kebek hirup ngiklaskeun diri, endung kana di sebut riyaan. Hajuna boga pikiran ari tacan iklas, moal waka migawe sabab nganggur. Padahal urusan gawe ibadah ulah nunggu kudu iklas heula, bisi angel di lakonan.

Solusina, ambeh ibadah ulah riya, ingetkeun yen iklas jeung riya eta undak usuk kumaha kadar darajat makomna, biasana mun kakarak, pasti ronghok jaljol hate hayang ka alem, hayang kasohor hayang ka aku ku calon mitoha ambeh jd minantu. Upama aya kitu maning maju terus ulah eureun, najan bari hayang ka alem oge. Ibadah teuteup sah asal nyumponan sarat jeung rukuna. Ari riya, ukur ngajadikeun kotor hungkul kana ibadah. Ngibaratkeun kawas samping samarenda hiji kacepretan ku leutak jadi barelok, mahal keneh jeung hargaan tibatan samping atlas bersih sapuluh meunang ngagosok. Dasar ibadah saeutik kalah munya menye ampe ka eureuna. Maningan lobakeun migawe jongjon ibadah nu kawas kumaha oge. Kawas meuli beas ti pasar sakarung, di teundeun di dapur di rempung ku kotok anakan, paling beak saliter sesana loba keneh. Daripada meuli beas saliter ngadon moal aya sesa rengse kabeh teu ka bagean.

Nu matak sulit ari nganyahokeun iklas anu euweuh riyaan, di mana ayana, sihoreng kanyahoanana aya di jalema nu tukang riyaan. Kawas hayang nyaho rasana cageur, nanyana kudu ka jalema geuringan, ulah nanya kanu telok geuring.

Sakitu ajaran  Hakekat Ikhlash (sunda). Mudah-mudahan aya manfaatna husus ka diri pribadi salaku panulis ieu umumna muslimin muslimat katut mukminin mukminat. Mudah-mudahan urang dijadikeun jalema anu ibadahna pinuh ku ka ikhlasan dina sagala hal.. Amin.