" ليس الجمال بأثواب تزيننا ولكن الجمال بجمال العلم والأدب "

Silahkan cari:
Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 10 Juni 2015

Semua Tentang Kekurangan Dan Kelebihan

Diposkan Oleh: Muhtadi Bantan - Diperbarui Pada: Rabu, 10 Juni 2015 Pukul 03.57.00


Share this :
Kekurangan dalam diri sering ditutupi agar tiada yg tahu begitu kurangnya diri dimata orang lain. Hanya saja bukan berarti kurang percaya akan diri sendiri sama sekali dan tak ingin dibicarakan, melainkan ketika itu pula kembali pada diri masing-masing, ada sesuatu hal yg diingini. Sebatas manakah menyembunyikan kekurangan itu? Akibat dari mengutarakannya bagaimana? Dan bila disebarluaskan akan berakibat apa? Sebab sering ada jg yg megutarakan kurang dan kekurangan dalam diri manakala ada satu sebab tujuan yg tersendiri. Misalnya: cara menolak pinangan orang dgn halus "saya tidak bisa masak, saya suka mendengkur, saya boros jajan dlsb."
Dan kurang ini kurang itu ga bisa ini ga bisa itu. Alhasil penyebutan kekurangan itu amat jarang sekali bahkan amat sangat langka, kebanyakan semuanya ditutup rapat-rapat agar tidak sampai kelihatan. Ini memang manusiawi juga.
Adakalanya kekurangan itu wajib ditutup rapat-rapat sebagaimana pula kelebihan pada diri sendiri jangan disebar luaskan. Kurang elok membicarakan dosa diri sendiri kepada orang lain walau tujuannya hanya sekedar dianggap orang yg hina. Pun amal kebaikan usah di sebarluaskan hanya agar dianggap orang yg teristimewa.
َلاَ تُظْهِرَنَّ فَضِيْلَةً كَيْ تُعْتَقَدْ ~♥~ لاَ تَبْرُزَنَّ لِيَنْكُرُوْكَ رَذآئِلا
Kemarin saya menyekap janda kaya sampai pagi hingga ia 'terkapar' tak berdaya. Padahal walau ia benar berbuat begitu namun, alangkah bijaknya jika tak dibicarakan biarpun hanya sekedar anggapan orang bahwa dia bukan orang baik-baik.
Kemarin saya melakukan qiyamullail sampai subuh diambang fajar hingga tak terasa badanpun lemas serta kantuk pagi harinya. Padahal biarpun dia benar mengerjakan qiamullail, alangkah kurang tepat bila disebarluaskan walau hanya sekedar agar dijiluki yg paling beribadah bukan untuk diikuti semata.

Artikel Terkait:

0 Blogger
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar